Advertisements

5 Kerusakan Umum pada Motor Matic dan Cara Mengatasinya

Kamis, 24 Agustus 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ilustrasi motor matic (Dok: Istimewa)

ilustrasi motor matic (Dok: Istimewa)

Advertisements
Advertisements

SuaraFakta.com – Pengguna sepeda motor matic di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dari segala kalangan, mulai dari generasi muda hingga yang lebih berumur, baik ibu-ibu rumah tangga maupun remaja, semuanya menemukan daya tarik pada jenis sepeda motor ini.

Advertisements
Advertisement

Namun, di balik lonjakan popularitas ini, terdapat beberapa isu yang mencuat mengenai berbagai masalah musiman yang sering dialami oleh pengendara motor matic. Tapi apakah permasalahan ini benar-benar nyata atau hanyalah mitos belaka? Mari kita eksplorasi lebih lanjut.

Salah satu keunggulan yang menjadi daya tarik utama motor matic adalah kemudahannya dalam pengoperasiannya, yang tidak memerlukan perpindahan gigi atau penggunaan kopling. Teknologi transmisi otomatis berupa Continuously Variable Transmission (CVT) memungkinkan pengendara motor matic untuk tidak perlu lagi melakukan pergantian gigi secara manual.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Namun demikian, terdapat catatan bahwa kerusakan pada motor matic terjadi lebih sering daripada pada motor manual atau motor dengan sistem kopling. Beberapa contoh permasalahan yang sering muncul adalah tarikan gas yang terasa berat, mesin yang rentan panas, hingga masalah mati mendadak saat berkendara.

Jika Anda menghadapi masalah semacam ini saat sedang dalam perjalanan, tentu Anda tidak dapat menghindari untuk segera membawa motor ke bengkel. Inilah kerumitan yang kerap dihadapi oleh pengguna sepeda motor matic, yang memiliki transmisi otomatis.

Advertisements
Advertisement
Baca Juga :  8 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fiz-R, Simak Yuk Sebelum Membeli

Mari kita telaah lebih dalam mengenai lima kerusakan umum yang sering muncul pada sepeda motor matic.

1. Tarikan Gas yang Berat

Sebagai informasi, sekitar 80 persen performa motor matic sangat bergantung pada respons tarikan gas saat digunakan. Namun, ada kalanya tarikan gas terasa lebih berat dari biasanya. Hal ini sering disebabkan oleh kotoran yang menyumbat filter udara, akibat dari partikel debu yang berasal dari hujan dan jalan raya. Filter udara memiliki peran penting sebagai penyaring udara sebelum masuk ke dalam ruang pembakaran bahan bakar.

Advertisements

Agar masalah ini tidak terjadi, Anda disarankan untuk secara berkala memeriksa kondisi filter udara, terutama jika Anda merasakan bahwa tarikan gas mulai terasa berat.

Perlu diingat bahwa motor matic menggunakan filter udara jenis basah, sehingga tidak bisa dibersihkan seperti halnya filter udara kering. Filter ini seharusnya tahan lebih lama, tetapi tetap memerlukan perhatian secara berkala.

2. Mesin Mati Mendadak

Permasalahan lain yang sering ditemui adalah mesin yang tiba-tiba mati saat sedang digunakan. Hal ini biasanya disebabkan oleh celah pada klep yang terlalu rapat. Sebagai akibatnya, mesin menjadi panas berlebihan dan akhirnya mati secara tiba-tiba.

Baca Juga :  Ini Merek Sepeda Motor Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Ketika celah pada klep terlalu sempit, mesin akan lebih mudah panas, dan ini akan menyebabkan penurunan akselerasi serta potensi mati mendadak.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah membawa sepeda motor matic Anda ke bengkel terdekat guna melakukan penyesuaian pada klep mesin.

3. Panas Berlebih saat Berkendara

Terlalu panasnya mesin juga menjadi penyebab umum kerusakan pada motor matic, yang bisa berakibat pada berhentinya mesin secara mendadak dan sulit dinyalakan kembali.

Penyebab masalah ini seringkali adalah tersumbatnya sirkulasi oli, yang dapat mengakibatkan ring piston kekurangan pelumasan. Ini berujung pada matinya mesin secara tiba-tiba saat sedang dalam perjalanan.

Suara yang terlalu panas berasal dari gesekan antara liner boring dan piston, disebabkan oleh kurangnya pelumas yang mampu menangani panas ini. Akibatnya, liner boring mengalami keausan berlebihan dan piston pun mengalami pelebaran akibat panas.

Solusinya, bagi pemilik motor matic, adalah mengganti pelumas mesin, terutama untuk piston yang mengalami masalah.

Baca Juga :  7 Cara Mudah Merawat Remote Smart Key pada Sepeda Motor

4. Tarikan Gas yang Tidak Stabil

Masalah gas yang tidak stabil bisa disebabkan oleh penyumbatan pada lubang ventilasi di tutup tangki bahan bakar. Lubang ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara. Jika ventilasi tersebut tersumbat, aliran bahan bakar menjadi terhambat, yang berakibat pada matinya mesin secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan bahwa lubang ventilasi tidak tersumbat. Anda bisa menggunakan kompresor udara untuk membersihkan kotoran yang mungkin menyumbat ventilasi ini.

5. Cakram Rem yang Panas

Permasalahan kelima yang sering timbul adalah panas berlebih pada cakram rem. Hal ini umumnya disebabkan oleh macetnya piston pada sistem rem, yang menyebabkan gesekan terus-menerus antara kampas rem dan piringan.

Solusinya cukup sederhana, Anda bisa membuka kaliper rem dan membersihkannya dengan sabun. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan bensin saat membersihkan kaliper, karena bisa merusak segel pada kaliper.

Demikianlah, kelima permasalahan musiman yang sering dihadapi oleh pengendara sepeda motor matic. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah yang mungkin timbul pada kendaraan Anda. Tetap selalu berhati-hati dan perhatikan kondisi motor secara berkala agar pengalaman berkendara Anda lebih aman dan lancar.

Advertisements

Berita Terkait

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Pajero Diesel yang Berisik
Disebut Kurang Paham tentang Mobil di Media Sosial X, Padahal Fitra Eri Suhunya Otomotif
Daftar Harga Motor Yamaha Lengkap Terbaru 2024
Ini Merek Sepeda Motor Paling Banyak Digunakan di Indonesia
8 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fiz-R, Simak Yuk Sebelum Membeli
Cek! Kenaikan Tarif Tiket Bus PO Sinar Jaya Selama Libur Nataru 2024
Inilah! Motor Matic Suzuki Harga Dibawah 5 Jutaan
Cara Menghilangkan Stiker Motor Tanpa Bekas dengan Cepat
Tag :
DISCLAIMER: Konten promosi seperti lpo88, toto188, dan sejenisnya, yang mungkin muncul dalam laman ini ditampilkan secara otomatis oleh sistem dari platform iklan pihak ketiga. Redaksi SuaraFakta.com TIDAK terkait dengan iklan tersebut. Sehingga tidak bertanggung jawab baik sebagian maupun sepenuhnya.

Berita Terkait

Rabu, 13 Maret 2024 - 03:07 WIB

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Pajero Diesel yang Berisik

Kamis, 7 Maret 2024 - 09:00 WIB

Disebut Kurang Paham tentang Mobil di Media Sosial X, Padahal Fitra Eri Suhunya Otomotif

Selasa, 20 Februari 2024 - 03:11 WIB

Daftar Harga Motor Yamaha Lengkap Terbaru 2024

Selasa, 20 Februari 2024 - 02:48 WIB

Ini Merek Sepeda Motor Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:01 WIB

8 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Fiz-R, Simak Yuk Sebelum Membeli

Selasa, 19 Desember 2023 - 02:12 WIB

Cek! Kenaikan Tarif Tiket Bus PO Sinar Jaya Selama Libur Nataru 2024

Rabu, 1 November 2023 - 02:33 WIB

Inilah! Motor Matic Suzuki Harga Dibawah 5 Jutaan

Selasa, 31 Oktober 2023 - 02:47 WIB

Cara Menghilangkan Stiker Motor Tanpa Bekas dengan Cepat

Berita Terbaru

Danramil Tewas di Tembak OPM. (Ist)

Viral

Kronologi Danramil Aradide Papua Tewas Ditembak OPM

Sabtu, 13 Apr 2024 - 03:14 WIB

Ilustrasi. (Ist)

Teknologi

Jelang Lebaran, 233 Daftar Pinjol yang Wajib Diwaspadai

Senin, 8 Apr 2024 - 07:15 WIB

cuan modal chattingan. (ist)

Teknologi

Aplikasi Penghasil Uang 2024 Bisa Cuan Modal Chattingan

Jumat, 5 Apr 2024 - 04:11 WIB